Kutipan Percakapan penuh makna antara Socrates dengan seorang laki-laki yang hendak menyampaikan berita kepadanya.

"Oleh : Cahyadi Takariawan

“Tahukah Anda, Tuan, apa yang baru saja saya dengar tentang seorang teman Anda?” tanya seorang lelaki kepada Socrates.

“Tunggu sebentar. Sebelum kamu menceritakan sesuatu tentang teman saya, tolong kamu jawab dulu tiga pertanyaan ini”, jawab Socrates.

“Baiklah, saya siap”, jawab lelaki itu.

“Pertama tentang kebenaran (truth). Yakinkah kamu bahwa yang akan kamu katakan itu benar?” tanya Socrates.

“Maaf Tuan, sesungguhnya saya baru saja mendengar berita itu, dan ingin segera memberitahukannya kepada Anda.”

“Saya tidak yakin”, tambah lelaki itu.

“Baiklah, kamu tidak yakin”, ujar Socrates.

“Pertanyaan kedua tentang kebaikan (goodness). Apakah yang akan kamu ceritakan kepada saya mengenai teman saya itu adalah sesuatu yang baik?”

“Maaf Tuan, bahkan yang akan saya ceritakan ini adalah hal yang buruk,” jawab lelaki tersebut.

“Jadi, kamu ingin menceritakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai teman saya, tetapi kamu tidak yakin bahwa itu benar. Hmmmm…”, gumam Socrates.

“Sekarang pertanyaan ketiga, tentang kemanfaatan (usefulness). Apakah hal yang ingin kamu ceritakan kepada saya tentang teman saya tersebut akan bermanfaat buat saya?”

“Sepertinya tidak, Tuan, maafkan saya,” jawab lelaki tersebut.

“Jika apa yang ingin kamu sampaikan kepada saya adalah hal yang tidak benar, tidak baik, dan tidak bermanfaat. Mengapa kamu ingin menceritakan kepada saya?” ujar Socrates."

(Dikutip dari: ruangmenulis.id, dengan judul 'Triple Filter Test, Tiga Filter Tulisan dari Socrates')


Setiap orang bebas menulis, tapi tidak semua tulisan bebas diposting. Katanya sokrates Pakailah tiga filter ini saat hendak memposting:

1. Filter Kebenaran (truth). 

Pastikan yang hendak disampaikan, pastikan sendiri sudah kau yakini sendiri kebenarannya?

2. Test Kebaikan (goodness). 

Pastikan yang hendak disampaikan, ada unsur kebaikan didalamnya? bukan unsur kebencian ataupun kejahatan.

3. Kemanfaatan (usefulness). 

Pastikan yang hendak disampaikan bermanfaat bagi orang yang menerima.


Ketiga filter ini tidak hanya dapat kita gunakan ketika ingin menyampaikan informasi kepada seseorang saja, tetapi juga dapat kita gunakan saat hendak menerima informasi dari orang lain. Saringlah informasi yang akan kamu terima dengan ketiga saringan dari Socrates ini.